Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI)
Vol 1 No 2 (2024): Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi

A Pengaruh Model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Mohamad Restu Cahyadi (Pendidikan Matematika, Universitas Mathla’ul Anwar Banten)
Ratu Mauladaniyati (Pendidikan Matematika, Universitas Mathla’ul Anwar Banten)
Eka Rosdianwinata (Pendidikan Matematika, Universitas Mathla’ul Anwar Banten)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Berpikir kritis merupakan berpikir secara langsung terhadap sesuatu yang dituju atau sebagai kegiatan mengevaluasi dan mempertimbangkan sebuah kesimpulan yang akan diambil dari beberapa faktor pendukung untuk membuat suatu keputusan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian nonequivalent control grup design dengan Sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dengan berbagai pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata persentase N-gain pada kelas eksperimen yakni sebesar 61,34%. Berdasarkan hasil rata-rata pesentase N-gain penggunaan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS) pada kelas eksperimen masuk dalam kategori cukup efektif. Sedangkan rata-rata persentase N-gain pada kelas kontrol sebesar 45,85%. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan model konvensional pada kelas kontrol masuk dalam kategori kurang efektif. Berdasarkan hasil data persentase N-gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model Search, Solve, Create and Share (SSCS) dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jippsi

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPPSI) adalah jurnal yang bertujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian, pengkajian, dan penerapan teknologi yang didedikasikan untuk perkembangan terbaru di bidang ilmu pendidikan, keguruan, manajemen pendidikan, dan psikologi. Jurnal Ilmu Pendidikan dan ...