Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 1 (2022): Januari 2022

Peningkatan Kemampuan Membaca Kata Dasar Tanpa Konsonan Rangkap Menggunakan Metode Struktur Plus

Rohaeni, Eni (Unknown)
Sugiharti, Rini Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan membaca kata dasar suku terbuka tanpa konsonan rangkap menggunakan metode struktur plus. Penelitian dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah 9 peserta didik kelas 1 SD Negeri 04 Kota Palembang, Sumatera Selatan. Instrumen penelitian: 1) tes unjuk kerja secara tertulis membaca kosa kata dasar suku terbuka tanpa konsonan rangkap; 2) LKPD yang berisi cara membaca kata dasar tanpa konsonan rangkap suku terbuka berbasis metode struktur plus; 3) RPP yang berfokus kepada kegiatan belajar-mengajar membaca kata dasar suku terbuka tanpa konsonan rangkap menggunakan metode struktur plus; 4) pedoman observasi untuk guru dan peserta didik. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan September 2021 yang berlangsung sebanyak 6 kali pertemuan dalam 2 pekan dengan sistem bergilir dengan kelas paralel lainnya. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk data hasil pembelajaran sedangkan data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Temuan pertama, persiapan pembelajaran mencakup penyusunan LKPD, tes kosa kata dasar, RPP, dan pedoman observasi. Temuan kedua, 3 dari 9 peserta didik (33,33 persen) tuntas membaca kata dasar suku terbuka tanpa konsonan rangkap pada siklus I. Temuan ketiga, 6 dari 6 peserta didik (100,00 persen) tuntas pada siklus II. Metode struktur plus merupakan jenis tindakan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca kata dasar tanpa konsonan rangkap.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...