Student Journal of Early Childhood Education
Vol 2 No 2 (2022): Volume 2 Nomor 2 September 2022

Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B Di RA Almourky

Sri Meylan Ayuba (Unknown)
Us. Djuko, Rapi (Unknown)
Tine, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh kegiatan fun cooking terhadap kemampuan sosial emosional anak di kelompok B di RA Almourky kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan eksperimen kegiatan fun cooking dan desain penelitian pre-test dan post-test yang dilakukan dengan memberikan sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan subjek penelitian ini adalah 20 anak usia 5-6 tahun Kelompok B di RA Almourky dan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan test. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan fun cooking terhadap kemampuan sosial emosional anak, dapat dibuktikan dengan jumlah nilai rata- rata kemampuan sosial emosional pre-test sebelum diberi perlakuan adalah 17,15, setelah itu dilakukan 6 kali treatment yaitu ada kenaikan dan perubahan di peroleh nilai rata-rata keseluruhan 22,09 yang kemudian pada post-test atau sesudah diberi perlakuan yang diperoleh nilai rata-rata adalah 31,8. Maka hal ini dapat membuktikan perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan melalui kegiatan fun cooking terhadap kemampuan sosial emosional anak. kesimpulan bahwa belajar menggunakan kegiatan fun cooking berpengaruh terhadap kemampuan sosial emosional anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SJECE

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Student Journal of Early Childhood Education focuses on early childhood studies, discussing parents-child relationship, multiple intelligence, and pedagogies to publish novel and relevant articles. This journal is published twice a year; March and September. This journal is published by ...