MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 1 No. 2 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2023

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EXPLANATION PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Anggun Rosemala Sari (Universitas PGRI Semarang)
Dias Andris Susanto (Universitas PGRI Semarang)
Dwi Budi Rahayu (SMAN 6 Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Semarang semester 2 Tahun Pelajaran 2022-2023 sebagai hasil penggunaan Media Picture. Penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik siklus yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk data kuantitatif berupa tes tertulis hasil karya peserta didik dan data kualitatif digunakan lembar observasi atau pengamatan. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan media picture dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Capaian ketuntasan belajar peserta didik meningkat mulai dari dilaksanakannya siklus I yaitu sebesar 61,11%, sedangkan pada pra-siklus capaian ketuntasan belajar hanya 11,11%. Pada siklus II capaian ketuntasan belajar dapat melampaui 75% yaitu sebesar 77,78%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...