Sciening : Science Learning Journal
Vol. 4 No. 2: Desember 2023

Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Laju Reaksi

Rahmad Djatmiko (Madrasah Aliyah Islamiyah Attanwir)
Khoiro Mahbubah (Universitas Islam Lamongan)
Agus Santoso (Universitas Islam Lamongan)
Silvi Rosiva Rosdiana (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik terkait materi laju reaksi melalui penerapan problem based learning dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan gain score. Hasil yang diperoleh yaitu adanya peningkatan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi laju reaksi. Rata-rata hasil pemahaman konsep peserta didik pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,94. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pemahaman konsep terkait materi laju reaksi oleh peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...