Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2023): Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Canva

Dwi Ratnawati (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Vivianti Vivianti (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Soraya Fatmawati (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Tri Widodo (Universitas Teknologi Yogyakarta)
Oktavia Hardiyantari (Universitas Teknologi Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Tujuan pengabdian masyrakat ini adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva untuk guru di SD Negeri Gabahan, Sumberadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Permasalahan yang terjadi adalah guru tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait penggunaan canva. Pelatihan dilaksanakan pada bulan Juni, diikuti oleh 12 orang guru. Pengabdian dilakukan dengan pendampingan dari tim dosen UTY. Tahapan pelaksaan kegiatan ini adalah menentukan mitra, observasi dan wawancara, menentukan pelatihan, pembuatan materi, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini diawali dengan memberikan pengantar tentang tools yang terdapat pada canva dan mengembangkan media pembelajaran menggunakan canva. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangan media pembelajaran. Hasil dari pelaksaan ini adalah 82% guru mampu mengembangan media pembelajaran dengan baik, dan 18% belum dapat mengembangan media pembelajaran dengan baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pengabdian masyarakat ini mampu meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangan media pembelajaran menggunakan canva.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PS2PM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Bantenese adalah Publikasi ilmiah dibidang Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Pusat Studi Sosial dan Pengabdian Masyarakat (PS2PM) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya (Unsera) dengan nomor e-ISSN 26561840 yang mencakup : Pemberdayaan Masyarakat, ...