Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika

Afina Afina (Universitas Dr Soetomo)
Hoirunnisak Hoirunnisak (Universitas Dr Soetomo)
Kusmiyati Kusmiyati (Universitas Dr Soetomo)
Ahmad Hatip (Universitas Dr Soetomo)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Aplikasi Canva bisa menjadi salah satu pilihan media pembelajaran interaktif yang menyediakan fitur untuk edukasi, pemasaran, periklanan dan lain sebagainya. Penggunaan aplikasi media Canva dapat meningkatkan kreativitas guru dalam menyiapkan media dan mempermudah proses penyampaian materi pembelajaran. Media ini juga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran atau menyampaikan pesan dalam bentuk teks atau video. Tidak hanya itu, media pembelajaran dengan menggunakan Canva dapat membantu untuk memudahkan siswa agar lebih tertarik dan termotivasi dengan pembelajaran yang disampaikan melalui media ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Canva terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket dan pemberian tes hasil belajar matematika. Analisis data yang dilakukan adalah uji regresi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan Canva terhadap hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...