Molang: Journal Islamic Education
Vol. 1 No. 01 (2023): Molang

IMPLEMETASI FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL SISWA SMP PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN

Faisol Faisol (Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Budi Santoso (Unknown)
Nailah Amaliya (IAI Al-Khairat Pamekasan)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini akan menelaah penerapan Full day school di SMP Plus Al-Hikmah Pamekasan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Beberapa temuan dalam penelitian ini adalah pertama, kebijakan full day school diharapkan menjadi langkah untuk mencapai visi lembaga yakni strong bielief, good personality. Kebijakan ini berdampak dalam tataran pelaksanaan kurikulum yang menggunakan integrated kurikulum. Selaian itu, penerapan full day school diharapakan peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu dengan kegitan sekolah. Sedangkan Pembentukan kecerdasan moral spiritual siswa-siswi SMP Plus Nurul Hikmah dilakukan berdasarkan pola penyelenggaraan pendidikan berbasis pada school base management. Pengembangkan mutu pendidikan berlandaskan nilai-nilai spiri-tual (agama), terlihat dalam pola dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam membina semua unsur yang ada di sekolah yang selalu mene-kankan aspek utama dalam kehidupan yaitu keyakinan keagamaan yang kuat, sehingga setiap perilaku warga sekolah memiliki budaya hidup sikap kerja yang tidak mendedikasikannya kepada kepentingan material tetapi mendedikasikannya kepada Tuhan, dengan demikian tidak memi-kirkan apa yang didapatkan dari pekerjaan tersebut, tetapi sejauhmana pekerjan tersebut bernilai sebagai amal baik untuk Tuhan, lingkungan dan dirinya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

molang

Publisher

Subject

Education

Description

Molang: Journal Islamic Education is a leading journal in Islamic education institutions that discusses Islamic education. The journal promotes research and scholarly discussion on Islamic education in academic disciplines and institutions, focusing on advancing formal and non-formal education ...