Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Nilai Pendidikan Islam dalam Pappasang Elong Peondo Mandar Bagi Anak Prasekolah Dasar

Suddin Bani (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene)
Aan Setiawan (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Majene)
M. Idris Hasanuddin (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Faktor utama yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengkaji konstruksi nilai pappasang pada elong peondo serta irisannya dengan nilai pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-intrepretatif dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yaitu penelitian untuk menafsirkan tanda dan teks yang berkaitan dengan data tentang Pappasang dan Elong Peondo Mandar. Analisis tersebut digunakan untuk menemukan intrepetasi terhadap gambaran tentang nilai pendidikan Islam dalam pappasang dan elong peondo Mandar. Konstruksi nilai pappasang pada elong peondo bagi anak pra sekolah dasar bahwa seorang ibu atau nenek dalam hal ini orang tua melalui lantunan syair dan pesan yang mengandung harapan serta motivasi yang positif dan keyakinan yang kuat bahwa seorang anak harus bekerja keras untuk meraih sebuah kesuksesan. Pesan selanjutnya adalah kesuksesan itu harus diusahakan dengan sungguh-sungguh karena tidak ada kesuksesan yang datang dengan sendirinya, tetapi justru harus diupayakan dengan kerja keras.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...