Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 12 No 2 (2023): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Analisis Kebutuhan e-LKPD Berbasis Problem Based Learning Terhadap Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII

Indiarti Dwi Fina (Universitas Negeri Surabaya)
Mustaji Mustaji (Universitas Negeri Surabaya)
Utari Dewi (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis adanya kebutuhan untuk melakukan pengembangan terhadap e-LKPD berbasis Problem based learning. Keterbatasan media dalam mengakomodasi karakteristik mata pelajaran IPA membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Pengumpulan data dilakukan pada siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 30 siswa dan 1 guru IPA. Hasil dari penelitian yaitu: (1)Siswa kurang aktif dalam bertanya atau menalar ketika pembelajaran, (2)Siswa pasif dalam berdiskusi dengan teman kelompok, (3)Media yang dimiliki kurang menunjang pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian analisis kebutuhan bahwa pengembangan e-LKPD berbasis Problem based learning perlu dilakukan untuk membantu guru dalam membantu siswa untuk aktif khususnya pada pembelajaran mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...