Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia
Vol 7, No 1 (2021): JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia)

Kajian self adjustment pada mahasiswa kelas internasional

Puji Gusri Handayani (Universitas Negeri Padang)
Verlanda Yuca (Universitas Negeri Padang)
Hafiz Hidayat (Universitas Negeri Padang)
Rezki Hariko (Universitas Negeri Padang)
Rahmi Dwi Febriani (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  self adjustment pada mahasiswa dan menguji perbedaan self adjustment mahasiswa kelas internasional. Populasi dalam penelitian ini adalah 212 mahasiswa kelas internasional Universitas Negeri Padang, dengan menggunakan total sampling yaitu menggunakan seluruh mahasiswa kelas internasional. Metode penelitian menggunakan deskriptif komparatif. Instrumen yang digunakan adalah “Inventory Self Adjustment Puji and Verlanda” (ISAPUVE) dengan reliabilitas 0,80. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan self adjustment mahasiswa laki-laki dan perempuan pada kelas internasional di Universitas Negeri Padang. Diharapkan UPBK (Unit Layanan Bimbingan dan Konseling) Universitas Negeri Padang memfasilitasi mahasiswa untuk dapat menekan self adjustment yang rendah melalui layanan yang tersedia di UPBK.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Other

Description

Authors who intend to submit a manuscript for publication in JPPI obliged to understand correctly the instructions and the ins and outs of the provisions on this journal. For authors who have never published the article on this journal, we recommend reading all of the term and conditions are listed ...