JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 4 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Praktikalitas e-Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA

Rachmat Rizaldi (Universitas Islam Sumatera Utara)
Syahwin Syahwin (Universitas Islam Sumatera Utara)
Uswatun Hasanah. S (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Proses peningkatan potensi siswa salah satunya dilakukan melalui Pendidikan yang berbasis teknologi dan informasi. Siswa diharapkan mampu menjadikan teknologi dan informasi sebagai sarana untuk mendapatkan sumber belajar yang sesuai dengan materi yang dipelajari di sekolah. Penggunaan Teknologi informasi membuat pembelajaran semakin cepat diakses oleh siswa. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui Praktikalitas E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains siswa. Model 4-D menjadi salah satu model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini. Tahapan 4-D model ini terdiri atas tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi pada tahap Develop uji praktikalitas produk. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen Praktikalitas E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL. Teknik analisis data praktikalitas menggunakan Skala Likert yang disusun dalam bentuk pertanyaan dengan 5 (lima) kriteria respon. Hasil penelitian dari uji praktikalitas didapatkan bahwa E Modul Praktikum Fisika sangat praktis dengan nilai 85,7 berdasarkan respon guru dan praktis dengan nilai 75,695 berdasarkan respon siswa. Hasil ini menyimpulkan bahwa E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL praktis untuk diujicobakan ke tahap selanjutnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...