Proses peningkatan potensi siswa salah satunya dilakukan melalui Pendidikan yang berbasis teknologi dan informasi. Siswa diharapkan mampu menjadikan teknologi dan informasi sebagai sarana untuk mendapatkan sumber belajar yang sesuai dengan materi yang dipelajari di sekolah. Penggunaan Teknologi informasi membuat pembelajaran semakin cepat diakses oleh siswa. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui Praktikalitas E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Proses Sains siswa. Model 4-D menjadi salah satu model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini. Tahapan 4-D model ini terdiri atas tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini dibatasi pada tahap Develop uji praktikalitas produk. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen Praktikalitas E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL. Teknik analisis data praktikalitas menggunakan Skala Likert yang disusun dalam bentuk pertanyaan dengan 5 (lima) kriteria respon. Hasil penelitian dari uji praktikalitas didapatkan bahwa E Modul Praktikum Fisika sangat praktis dengan nilai 85,7 berdasarkan respon guru dan praktis dengan nilai 75,695 berdasarkan respon siswa. Hasil ini menyimpulkan bahwa E Modul Praktikum Fisika SMA Berbasis model PBL praktis untuk diujicobakan ke tahap selanjutnya.
Copyrights © 2023