Jurnal Bilingual
Vol 11, No 1: Jurnal Bilingual Edisi Mei 2021

STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH AT SMP NEGERI 7 TIDORE KEPULAUAN

Misra H. (Universitas Khairun)
Naniek Jusnita (Universitas Khairun)
Silvani Umar Ali (Universitas Khairun)
Suratman Dahlan (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Language Experience Approach (LEA) pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tidore Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pra eksperimental. Peneliti mengambil 18 siswa sebagai sampel dari 72 populasi. Tes pilihan ganda yang terdiri dari 10 pertanyaan digunakan untuk mengumpulkan data sebelum dan sesudah pengobatan menggunakan LEA. Analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil skor pemahaman membaca sebelum perlakuan (690) dengan rata-rata 38,33 dan setelah perlakuan (1220) dengan rata-rata 67,77. Uji t menunjukkan bahwa t-score (7,18) melebihi nilai t-tabel (2,110) pada taraf signifikan 0,05 dengan 17 derajat kebebasan. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman membaca siswa dengan menggunakan LEA meningkat secara signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bilingual

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Bilingual (p-ISSN 2088-2858 e-ISSN 2774-9681) which is published by Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in language ...