Experiment: Journal of Science Education


Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif di Kelas X.2 SMAN Umbulsari

Adilla Dhea Sal Sabilla (Universitas Muhammadiyah Jember)
Aulya Nanda Prafitasari (Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Jember)
Mohamad Abdul Somad (SMA Negeri Umbulsari)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X.2 di SMAN Umbulsari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan dalam bentuk postest di akhir pembelajaran selama dua siklus. Temuan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu pada siklus 1 rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik adalah 72,08 dan prosentase ketuntasan sebesar 83,3% sedangkan pada siklus 2 terdapat peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 83,75 dengan prosentase ketuntasan menjadi 88,9%. Kesimpulan dari Penilaian Tindakan Kelas di SMAN Umbulsari pada kelas X.2 menggunakan PBL dengan pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai postest.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

experiment

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Experiment: Journal of Science Education published twice a year since March 2021. This journal is published by Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of early childhood education to publish ...