Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia
Vol 3, No 2 (2023): Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia

EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KETERAMPILAN GURU PADA PEMBELAJARAN

Isna Oktadiani (Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
Helmy Fitriawan (Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Lampung)
Muhammad Nurwahidin (Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
Riswandi Riswandi (Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)
Herpratiwi Herpratiwi (Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membawa perspektif baru pada tatanan kehidupan, terutama dunia pendidikan yang dituntut dapat mengikuti perubahan dan perkembangan tersebut. Kemampuan guru diharapkan dapat menyampaikan pembelajaran secara kolaboratif, dengan metode yang bervariatif dan mendapatkan hasil yang optimal pada peserta didik. salah satu komponen yang mendukung dalam penyampaian pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang baik dan efektif menjadi tantangan bagi guru. Metode penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review) terkait efektivitas pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi terhadap keterampilan guru pada pembelajaran. Pendekatan pencarian informasi berupa artikel melalui laman Google Scholar atau Google Cendikia, dengan kata kunci “Efektivitas Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Keterampilan Guru Pada Pembelajaran”. Hasil literature review  bahwa dengan mengikuti pelatihan, keterampilan guru dalam mengembangkan media dapat mengikuti pesatnya perkembangan teknologi menjadi  lebih update, sehingga menarik minat serta semangat motivasi peserta didik dalam belajar, dan terciptanya pembelajaran interaktif, efektif, dan efisien. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pelatihan, Teknologi Informasi, Keterampilan Guru

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPPI

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia or the Indonesian Educator Professional Development Journal is a forum for information and publication of research results and literature reviews for lecturers, teachers, and students. This journal is published by the Teacher Professional Education ...