Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2024): Januari

PENTINGNYA ANALISIS FILSAFAT MATERIALISME DALAM PENDIDIKAN ERA 5.0

Lailatul Fitriyah (Unknown)
Arbaiyah Yusuf (Unknown)
Mega Silviya Putri (Unknown)
Moch. Irwansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Analisis Filsafat materialisme menjelaskan pentingnya filsafat materialisme untuk perkembangan pendidikan di era 5.0. Filsafat materialisme merupakan ajaran yang menonjolkan pada kelebihan faktor- faktor material daripada faktor-faktor spiritual, teori nilai, epistimologi atau penjelasan historis. Sedangkan Pendidikan Era 5.0 adalah pendidikan perkembangan dari 4.0. Pendidikan 5.0 juga termasuk pendidikan yang berbasis teknologi modern. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan dan menganalisa urgensi filsafat materialisme dalam konteks pendidikan era 5.0 sebagai fondasi yang relevan dan esensial. Maksud tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan bagaimana materialisme dapat menjadi katalisator untuk memahami, mengadaptasi, dan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi literatur. Studi literatur dilakukan dengan mengumpulkan referensi, membaca poin-poin penting, dan mencatat poin-poin yang penting. Dari hasil penelitian ini kebanyakan peneliti yang menggunakan filsafat materialisme beranggapan bahwa segala sesuatu dapat dijelaskan secara materiil dan kebanyakan peneliti tidak mempercayai sesuatu seperti tuhan, malaikat, dan sebagainya, tetapi tidak sedikit orang juga yang menggunakan materialisme bersamaan dengan pemikiran dan kepercayaan pada hal spiritual. Pendidikan era 5.0 untuk masa depan, yang berarti pendidikan 5.0 akan dapat terus berkembang dan akan selalu dipadukan dengan pendidikan sehingga konsep pendidikan dapat terus up-to-date.    Kata kunci: Analisis, Era 5.0, Filsafat Materialisme, Pendidikan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) adalah jurnal peer-review akses terbuka, yang diterbitkan oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia adalah platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyebarkan dan berbagi ...