Minat dan motivasi belajar mahasiswa dapat meningkatkan hasil belajar dalam hal ini adalah IPK. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis jalur terhadap minat dan motivasi belajar mahasiswa terhadap IPK. Data yang digunakan merupakan data jawaban kuisoner 115 mahasiswa. Kuisoner dirancang dengan indikator-indikator yang dapat membangun variabel minat belajar (X1), motivasi belajar (X2) dan IPK (Y). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga model yang signifikan antara lain ,  dan . Variabel minat belajar memberikan pengaruh tidak langsung sebesar 49.3% terhadap IPK mahasiswa, sedangkan variabel motivasi belajar memberikan pengaruh langsung sebesar 40.9% terhadap IPK. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa, variabel minat belajar dan motivasi belajar memberikan pengaruh yang positif terhadap IPK. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024