Jurnal Penelitian Inovatif
Vol 4 No 1 (2024): JUPIN Februari 2024

Model Analisis Jalur Pengaruh Kemampuan Minat Belajar dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar

Justin Eduardo Simarmata (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Timor, Indonesia)
Ferdinandus Mone (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Timor, Indonesia)
Yohanes Jefrianus Kehi (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Timor, Indonesia)
Debora Chrisinta (Teknologi Informasi, Fakultas Pertanian, Sains dan Kesehatan, Universitas Timor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2024

Abstract

Minat dan motivasi belajar mahasiswa dapat meningkatkan hasil belajar dalam hal ini adalah IPK. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis jalur terhadap minat dan motivasi belajar mahasiswa terhadap IPK. Data yang digunakan merupakan data jawaban kuisoner 115 mahasiswa. Kuisoner dirancang dengan indikator-indikator yang dapat membangun variabel minat belajar (X1), motivasi belajar (X2) dan IPK (Y). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga model yang signifikan antara lain ,  dan . Variabel minat belajar memberikan pengaruh tidak langsung sebesar 49.3% terhadap IPK mahasiswa, sedangkan variabel motivasi belajar memberikan pengaruh langsung sebesar 40.9% terhadap IPK. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa, variabel minat belajar dan motivasi belajar memberikan pengaruh yang positif terhadap IPK. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jupin

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN) merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti Teknik, Pendidikan, Ilmu Sosial Humaniora, Bahasa/Linguistik, Kesehatan, serta Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Penelitian Inovatif ...