Jambura Elementary Education Journal
Vol 1 No 2 (2020): VOLUME 1 NOMOR 2, DECEMBER 2020

Pengembangan dan Penguatan Ketrampilan Belajar dan Inovasi Sebagai Bagian dari Ketrampilan Abad 21 pada Buku Siswa Kelas IV Edisi Revisi 2017

Amara Dyah Islami (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA)
Nur Amalia (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh uraian yang lebih mendalam mengenai pengembangan dan penguatan ketrampilan belajar dan inovasi sebagai bagian dari ketrampilan abad 21 pada Buku Siswa Kelas IV Tema “Indahnya Kebersamaan” Subtema “Keragaman Budaya Bangsaku” Edisi Revisi 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis isi dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode library research atau studi kepustakaaan. Pengumpulan dan penelaahan data referensi tentang ketrampilan belajar dan inovasi kemudian dicocokkan dengan kondisi buku siswa kelas IV edisi revisi 2017 terbitan kementrian pendidikan dan kebudayaan. Penelitian ini dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Keabsahan data dibuktikan menggunakan teknik validasi ahli. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku siswa kelas IV tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku terdapat upaya pengembangan dan penguatan ketrampilan belajar dan inovasi dengan prosentase: ketrampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah 51%, ketrampilan komunikasi dan kolaborasi 38%, dan kreativitas dan inovasi 11%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeej

Publisher

Subject

Education Other

Description

The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to ...