Jurnal Pendidikan Tari
Vol 2 No 2 (2022): Ekspresi Seni melalui Pembelajaran dan Karya Tari

Pembelajaran Tari Melinting Menggunakan Metode Demonstrasi dan Drill pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negri 1 Way Jepara

Agnes Agustini Afrida Yeni (Unknown)
Deden Haerudin (Unknown)
Dwi Kusumawardani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini tentang pembelajaran yang menggunakan metode demonstrasi dan metode drill pada pada kegiatan ekstrakurikuler Di SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur. Tujuannya untuk mendeskripsikan proses interaksi pembelajaran tari Melinting yang telah dilaksanakan, karena adanya kelebihan dan kekurangan penggunaan metode demontrasi dan drill dalam pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metodologi kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta studi pustaka. Data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kemudian data diuji kredibilitasnya menggunakan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode demontrasi dan metode drill dalam pembelajaran Tari Melinting pada kegiatan ektrakurikuler Tari di SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur memiliki kelebihan dapat mengkondisikan interaksi antara guru dengan siswa. Pencapaian tujuan pembelajaran adanya guru yang berperan dominan dalam pembelajaran. Namun, memiliki kelemahan kurang dapat mengoptimalkan interaksi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan sumber belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

This Journal is about Creation of Performing Arts or Performing Arts Study as well as the research result of Innovation in Dance and Dance ...