Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Vol. 7 No. 1 (2015): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry

Pengembangan Media Pembelajaran Komik Kimia Menggunakan 3D Page Flip untuk Materi Ikatan Kimia Siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi

Muhaimin Muhaimin (Universitas Jambi)
Wilda Syahri (Universitas Jambi)
Ekin Dwi Arif Kurniawan (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Pembelajaran menggunakan media memiliki beberapa manfaat yaitu, membangkitkan motivasi, minat, dan meningkatkan pemahaman, serta menyajikan data dengan menarik dan terpercaya serta memudahkan penafsiran data dan mendapatkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran komik kimia menggunakan 3D Page Flip pada materi ikatan kimia dan mengetahui respon siswa kelas X MIPA SMAN 10 Kota Jambi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ahli media, ahli materi dan pengguna (guru) terhadap produk media pembelajaran komik kimia berturut-turut adalah skor 71 “sangat baik” dari skor maksimal 75, skor 72 “sangat baik” dari skor maksimal 75 dan skor 68 “sangat baik” dari skor maksimal 75 dan hasil respon siswa didapat skor 69,2 “sangat baik” dari skor maksimal 75 dengan persentase 92,3% yang menyatakan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap media pembelajaran komik kimia yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ahli media , ahli materi, dan pengguna (guru) menilai media komik kimia menggunakan 3D Pageflip pada materi ikatan kimia baik digunakan dan siswa memberikan respon positif terhadap media komik kimia yang dikembangkan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jisic

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but ...