MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 3 (2024): Februari

Pengaruh Psikologis Bullying Relasional Terhadap Siswa SMA

Mucicha Wadir Risyda (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Zulfan Bintang Bagas Kara (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhammad Adib Anwar (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Mahasri Shobabiya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini secara empiris mengeksplorasi dampak psikologis bullying relasional terhadap siswa SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konsekuensi psikologis dari bullying relasional dan merinci metode penelitian kualitatif dengan wawancara terhadap guru BK, siswa pelaku bullying, dan siswa yang dibully. Hasil temuan menunjukkan bahwa siswa yang menjadi korban bullying relasional mengalami tekanan emosional, penurunan harga diri, dan perubahan perilaku. Guru BK memainkan peran penting dalam deteksi dini dan intervensi, sementara kebijakan anti-bullying dan partisipasi orang tua dianggap krusial. Kesimpulan studi ini menekankan perlunya pendekatan holistik dalam mengatasi bullying relasional di SMA. Implikasinya mencakup perlunya pelatihan untuk staf sekolah, kampanye anti-bullying, dan keterlibatan orang tua untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung. Dengan memahami dampak dan faktor yang memengaruhinya, penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi intervensi yang lebih efektif untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan positif bagi siswa SMA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

merdeka

Publisher

Subject

Other

Description

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: Ilmu Sosial, Humaniora, ...