Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana efektifitas model pembelajaran advance organizer dengan media internet terhadap hasil belajar dan tingkat kemandirian siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di MAN 3 Medan. Tiga kelas eksperimen yaitu X1, X2 dan X3 sebagai sampel melalui teknik random sampling, masing-masing 27 orang siswa. X1 adalah kelas dengan pembelajaran model direct instruction, X2 diberiĀ pembelajaran advance organizer dan media internetĀ dan X3 diberiĀ pembelajaran model pembelajaran advance organizer tanpa media. Untuk mengukur hasil belajar digunakan instrument tes, sedang instrument non-tes digunakan dalam pengukuran karakter kemandirian. Dengan Uji ANOVA One Way, didapati rata-rata hasil belajar kelas X1, X2 dan X3 berturut sebesar 68.44, 72.26, dan 72.04 serta hasil karakter kemandirian siswa sebesar 36.22, 38.48, dan 35.96. Dari data didapat bahwa kelas dengan nilai rata-rata hasil belajar dan karakter kemandirian yang paling tinggi adalah kelas X2. Nilai signifikansi uji ANOVA One Way sebesar 0,016 untuk hasil belajar dan 0,019 untuk karakter kemandirian, ini membuktikan pengaruh variasi model pembelajaran terhadap hasil belajar juga karakter kemandirian siswa. Dari hasil uji korelasi antara hasil belajar dan kemandirian didapat nilai sig. 0.011, ini memperlihatkan ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar dan karakter kemandirian siswa.
Copyrights © 2023