EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024)

Tahapan Bimbingan Kelompok: Landasan Teoritis dan Praktis dalam Fasilitasi Pengembangan Individu dan Kelompok

Ilhamuddin, Muhammad Farid (Unknown)
Suyanto, Kireina Dewi (Unknown)
Santoso, Oktavia (Unknown)
Fitriani, Dyas Noviarale (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Bimbingan kelompok menjadi suatu strategi yang efektif dalam pengembangan individu dan kelompok, akan tetapiĀ  masih kurang adanya pemahaman mengenai tahapan-tahapan yang diperlukan. Artikel ini bertujuan untuk mendalami dan mengidentifikasi tahapan dalam bimbingan kelompok yang mendasar, baik secara teoritis maupun praktis, untuk memperkuat proses pengembangan individu dan kelompok. Pendekatan kualitatif digunakan melalui studi literatur atau studi pustaka guna menyusun landasan teoritis dan praktis dalam artikel ini. Tahapan bimbingan kelompok teridentifikasi melalui sintesis literatur meliputi tahap pembentukan, tahap transisi, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Hal demikian menunjukkan bahwa penerapan tahapan-tahapan ini secara terintegrasi mendukung pengembangan individu dan kelompok, memperkukuh hubungan antaranggota, dan meningkatkan hasil secara berkesinambungan. Pelaksanaan tahapan bimbingan kelompok mendorong pertumbuhan individu melalui kegiatan terstruktur dan interaksi kelompok yang mendalam. Implementasi komprehensif dari tahapan ini terbukti dapat meningkatkan kualitas interaksi kelompok, mendukung perkembangan individu, dan memperkuat solidaritas kelompok. Artikel ini memberikan kontribusi penting dalam memperkaya pemahaman praktisi dan akademisi terhadap tahapan bimbingan kelompok, memberikan landasan yang kokoh untuk meningkatkan efektivitas dalam memfasilitasi pengembangan individu dan kelompok dalam konteks berbagai setting

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...