E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 14, No 4 (2023): E-DIMAS

Pelatihan Identifikasi Tumbuhan dan Pembuatan Herbarium sebagai Pengembangan Pembelajaran Biologi

Eka Kartikawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Ranti An-nisaa (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Maesaroh Maesaroh (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Irdalisa Irdalisa (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran ilmu pengetahuan alam masih banyak yang menggunakan metode satu arah. Pengajar masih belum banyak menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, penggunaan media juga sangat diperlukan dalam pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa dan menarik serta menyenangkan siswa sehingga siswa akan memperoleh kemampuan yang baik. Oleh karena itu, solusinya pendidik dan peserta didik di lapangan harus dapat mengembangkan kegiatan salah satunya dengan pembuatan herbarium serta identifikasinya, maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan sempurna. Metode pelaksanaan dalam pelatihan ini adalah dengan survei, pendekatan kepada mitra yang dituju, melaksanakan pelatihan dan evaluasi. Hasil kuesioner yang disimpulkan adalah 100% peserta pelatihan menyatakan kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bermanfaat karena dapat mengetahui cara membuatnya sehingga membuat tertarik peserta pelatihan untuk membuatnya sendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...