EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Mendidik Menuju Sunnah Nabi dengan Pembiasaan Sholat Dhuha dan Muroja’ah Juz 30

Firyal Yasmin RF (MTs Al-Musaddadiyah, Garut)
Mulyawan Safwandy Nugraha (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Asep Nursobah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Opik Taupikur Rahman (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Salah satu tanggung jawab utama dalam Islam adalah menjalankan sholat, yang menjadi pondasi kuat dalam agama ini. Dengan melaksanakan sholat lima kali sehari, anak-anak dapat mengembangkan kedisiplinan dan karakter yang positif. Aktivitas sholat memungkinkan mereka untuk melatih konsentrasi, khusyu, dan kesabaran, sehingga menjadi kebiasaan yang terbentuk sejak usia dini dan tetap terjaga hingga dewasa. Tujuan penelitian pada artikel ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan dan cara mendidik Menuju Sunnah Nabi yang dilaksanakan pada SDIT Al-Manshuriyah, Depok. Metode yang digunakan yaitu (field research), yang berarti dilaksanakan dengan merinci fakta-fakta yang terjadi di lapangan secara langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, yang bertujuan untuk mengamati dan menggambarkan data sesuai dengan tujuan penelitian. Responden dalam penelitian ini melibatkan guru Agama. Ditemukan buku pedoman yang telah dirancang oleh bagian kurikulum serta guru PAI agar program pembiasaan yang telah sesuai dengan visi sekolah berjalan dengan sesuai. Dalam artikel ini dibahas mengenai pelaksanaan Mendidik Menuju Sunnah Nabi dan nilai Religius yang diharapkan. Simpulan pada artikel yaitu menanamkan pada Peserta didik untuk melaksanakan sunnah-sunnah Nabi dengan Sholat Sunnah Dhuha, Puasa Senin & Kamis, dan Muroja’ah Hafalan Juz 30.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...