Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 6, No 2 (2023): Desember 2023

Pengaruh Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika terhadap Kemampuan Praktikum pada Materi Gaya Lorentz

Maharani, Aisyah Ayu Nur Azizah (Unknown)
Rizky, Amallia (Unknown)
Amanda, Silvi Aprilia (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)
Subiki, Subiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Tujuan dan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi sains mahasiswa pendidikan fisika terhadap kemampuan hasil praktikum pada materi Gaya Lorentz. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas B pendidikan fisika angkatan 2022 Universitas Jember yang terdiri dari 41 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dan juga tes tulis dalam pengumpulan data. Tes kuesioner terdiri dari 5 butir soal dengan 3 indikator, variabel dalam penelitian ini terdiri dari minat terhadap sains teknologi, keterbacaan, dan penguasaan konsep sains. Pengujian data menggunakan metode analisis regresi sederhana. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa hipotesis H1 diterima H0 ditolak yang menunjukkan adanya signifikan yang berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa dengan kemampuan hasil praktikum pada materi gaya lorentz. Nilai signifikan dibuktikan dengan hasil uji regresi sederhana 0.486, nilai deviasi 0.349, dan nilai korelasi 0.751 yang ketiganya memiliki nilai 0.05.Kata kunci: Literasi Sains,  Hasil Praktikum, Fisika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...