Riemann : Research of Mathematics and Mathematics Education
Vol. 6 No. 1 (2024): EDISI APRIL

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

AYU LESTARI, PRAMUSINTA (Unknown)
SRI ASTUTIK, HENY (Unknown)
SUMADI, SUHARTINI (Unknown)
SYAMSURIZAL (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keekfetivan model pembelajaran blended-learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf eksperimen one group pretest-posttest design dengan lokasi penelitian di SMPN 16 Kab. Sorong. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan isntrumen soal uraina, dan teknik Observasi dengan instrument Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembelajaran. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji paired sample t-test dan Uji N – gain score. Hasil penelitian bahwa nilai rata – rata post – test sebesar 3,055 dan pre – test sebesar 3,198. Dengan demikian nilai post – test > pre – test. Berdasarkan kualifikasi kemapuan pemecahan masalah matematika, maka tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik tergolong rendah karena mean 24,83 < 54,99. Selanjutnya hasiln N-gain score adalah 0,14 dan niliai minimumnya adalah 0,03. Sedangkan nilai maximum dari n – gain persen adalah 14,29 dan nilai minimumnya adalah 2,50. Selain itu diketahui juga bahwa nilai rata – rata N – gain score adalah sebesar 0,0824 yang masuk dalam kategori rendah karena nilai g < 0,3 dan N- gain persen sebesar 8,2442 atau 8,24% yang masuk pada kategori tafsiran tidak efektif karena nilai persentase yang dihasilkan < 40%. Dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran blended – learning tidak efektif terhadap kemapuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas VII di SMPN 16 Kab. Sorong.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

reimann

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education Journal Riemann is peer-reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization, and models of mathematics education in the ...