Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui tentang materi dan pengembangan kurikulum PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan adalah jurnal, buku-buku yang berkaitan dengan materi dan pengembangan kurikulum PAI. Adapaun metode (analisa data) yang digunakan yakni metode deduksi, induksi, dan komparatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengembangan dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) diartikan sebagai Kegiatan menghasilkan kurikulum PAI. Materi pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk merancang pembelajaran kita perlu memikirkan materi/bahan pelajaran apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mencapai kompetensi yang diinginkan, karena itulah kita perlu mengembangkan bahan pembelajaran. Isi kurikulum adalah materi atau bahan ajar dalam proses belajar mengajar yang meliputi pengetahuan, ketrampilan dan nilai (values) yang terkait dengan bahan ajar yang disampaikan. Langkah-langkah pengembangan isi kurikulum secara umum adalah sebagai berikut : Identifikasi kebutuhan, Merumuskan tujuan kurikulum, Menentukan anggaran biaya, Membentuk tim pengembang, Menyusun runag lingkup dan urutan bahan ajar, dan lain sebagainya.
Copyrights © 2023