Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)
Vol. 1 No. 3 (2023): Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI)

Pemanfaatan Media YouTube untuk Meningkatkan Keterampilan Monolog dalam Konten Helo Bagas

Dina Inayah (Unknown)
Nisrina Najla Rifa (Unknown)
Nur Syamsiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Deskriptif kualitati merupakan metodologi yang digunakan oleh peneliti dalam mengkaji penelitian ini. Tujuan dari metode penelitian deskriptif kualitatif adalah untuk meningkatkan keterampilan monolog yang terdapat pada konten video helo bagas dengan judul “Capek ya jadi dewasa - Cerita Sebelum Tidur Eps. 120” dan “Kesepian dan butuh teman- Cerita Sebelum tidur Eps. 121”. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar koesioner “Pemanfaatan Media Youtube Untuk Meningkatkan Keterampilan Monolog Dalam Konten helo bagas”, koesioner dibagikan secara umum dengan responden yang berjumlah 30 yang memiliki beberapa indikator pertanyaan mengenai keterampilan monolog dan pemanfaatan media Youtube untuk meningkatkan keterampilan monolog, yang dijawab dengan skala penilaian ya, tidak, dan jawaban singkat. Mayoritas responden umumnya memberikan tanggapan positif terhadap latihan monolog dan penggunaan YouTube sebagai sumber belajar, berdasarkan hasil analisis dari beberapa pertanyaan menurut mayoritas responden, berbicara kepada diri sendiri memungkinkan mereka mengekspresikan ide dan perasaan, melepaskan beban, dan memberikan dampak positif yang sangat besar pada kesehatan emosional dan mental mereka. Mayoritas responden juga sangat mendukung penggunaan media YouTube pada konten "Helo Bagas" untuk mengajarkan keterampilan monolog, dan menyebut platform tersebut sebagai alat pengajaran yang membantu dalam mengembangkan keterampilan monolog. Monolog juga dianggap sebagai kebiasaan yang sehat untuk kesehatan emosional dan mental. Temuan analisis ini sebagian besar mendukung keunggulan media YouTube untuk meningkatkan keterampilan monolog dalam konten “Helo Bagas” sebagai alat ekspresi diri dan pertumbuhan kemampuan monolog, terlepas dari beragamnya pengalaman responden. Keterampilan membaca dan menyimak juga menjadi pengaruh dalam melakukan kegiatan monolog.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PJPI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Secara khusus tema yang di membahas tentang : Pembelajaran Pendidikan Islam dan Umum (Islamic and General Education Learning), Manajemen Pendidikan Islam dan Umum (Management of Islamic and General Education), Teknologi Pendidikan Islam dan Umum ...