Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra)
Vol. 9 No. 2 (2024): JURNAL BASTRA EDISI APRIL 2024

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KELAS XII SMA NEGERI 11 KENDARI

Dinda Cahya Timoramadani (Universitas Halu Oleo)
Fahruddin Hanafi (Universitas Halu Oleo)
La Ode Sahidin (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi buruknya hasil belajar siswa pada saat menulis surat lamaran kerja kelas XII di SMA Negeri 11 Kendari.  teknik yang digunakan adalah  penelitianlapangan  istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis penelitian ini. Total sampling digunakan sebagai sampel, dan 82 siswa dengan nilai di bawah KKM dimasukkan dalam sampel. Penelitian ini menggunakan wawancara terhadap guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan angket siswa untuk mengumpulkan data mengenai faktor-faktor yang berpotensi mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa pada saat menulis surat lamaran kerja kelas XII di SMA Negeri 11 Kendari.Berdasarkan temuan penelitian, terlihat bahwa faktor internal berkontribusi terhadap rendahnya nilai 82 siswa tersebut. Faktor-faktor tersebut terlihat pada indikator sikap belajar siswa yang dapat mempengaruhi . Dari jumlah tersebut, sebesar 41,7% tergolong rendah, hal ini juga terlihat pada indikator kesehatan siswa yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa yaitu sebesar 45,9%. % tergolong rendah yang dibuktikan dengan kecerdasan dan bakat siswa yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa; 51,5% tergolong rendah; dan 47,4% tergolong rendah, hal ini dibuktikan dengan indikator minat dan motivasi. Sebaliknya, faktor eksternal dapat  digambarkan sebagai sangat rendah pada 9,4% kasus ketika guru berperan sebagai pelatih belajar siswa. Sebaliknya rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh rendahnya sarana dan prasarana belajar siswa yang digambarkan rendah pada 55,4% kasus, dan rendahnya hasil belajar siswa yang dipengaruhi oleh lingkungan sosial di sekolah, yaitu dikategorikan rendah pada 48,3% kasus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOURNAL BASTRA (Language and Literature) is a publicly accessible journal published by the Indonesian Language and Literature Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Halu Oleo University. This journal is published four times a year, every January, April, July, and ...