Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu
Vol. 1 No. 1 (2021): Juni 2021

Identifikasi Miskonsepsi Mata Kuliah Kimia Dasar Melalui Tes Pilihan Ganda Berbantuan Response Index Pada Mahasiswa STKIP PI Makassar

Haris Munandar (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa mlalui tes pilihan ganda berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes pilihan ganda berbantuan Certainty of Response Index (CRI) dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi masih terjadi pada materi kimia dasar. Miskonsepsi yang tertinggi untuk yaitu pada materi konsep ilmu kimia (31,43%). Miskonsepsi disebabkan oleh penjelasan yang belum detail, metode pembelajaran yang diterapkan guru dan pemahaman mahasiswa sendiri

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal PELITA atau Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu  merupakan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Pustaka Digital Indonesia. Jurnal Pelita menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang ditulis berdasarkan hasil kajian dan kajian literatur di bidang Pembelajaran IPA Terpadu pada pendidikan dasar, ...