MAHESA : Malahayati Health Student Journal
Vol 4, No 5 (2024): Volume 4 Nomor 5 (2024)

Pengaruh Edukasi Kesehatan untuk Meningkatkan Pengetahuan tentang Kesehatan Mental

Ferdian, Dani (Unknown)
Hikmat, Rohman (Unknown)
Zuqriefa, Arida Bitanajsha (Unknown)
Ma’ruf, Tisa Layalia Hanifah (Unknown)
Noviana, Mikha (Unknown)
Harahap, Saidina Malik Ibrahim (Unknown)
Sutanto, Himawan (Unknown)
Hutapea, Meyta Roida R (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

ABSTRACT Mental health issues among students are a serious concern in an effort to improve their psychological well-being. Lack of knowledge about mental health can be a barrier in identifying and managing such problems. This study aims to determine the effect of health education programs on students' knowledge of mental health in the school environment. This study used a quasi-experimental design with a sample of students involved in a health education program with one group. The intervention carried out is health education. The sample used was 40 students. Data analysis using univariate analysis and Wilcoxon test. The results show that the average knowledge of students has increased significantly, from the pre-test score of 70 to 92 in the post-test. Wilcoxon test results show that there is a significant effect of health education on students' knowledge about mental health (p value=0.001). The significant increase in students' knowledge after attending the health education program highlights the effectiveness of the intervention. Practical implications and future research directions are also discussed to increase the positive impact on students' overall mental health. Keywords: Education, Mental Health, Students  ABSTRAK Masalah kesehatan mental di kalangan siswa menjadi perhatian serius dalam upaya meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka. Kurangnya pengetahuan tentang kesehatan mental dapat menjadi hambatan dalam mengidentifikasi dan mengelola masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program edukasi kesehatan terhadap pengetahuan siswa tentang kesehatan mental di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimental dengan sampel siswa yang terlibat dalam program edukasi kesehatan with one group. Intervensi yang dilakukan adalah edukasi kesehatan. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa. Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji Wilcoxon. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata pengetahuan siswa mengalami peningkatan yang signifikan, dari nilai pre-test sebesar 70 menjadi 92 pada post-test. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan edukasi kesehatan terhadap pengetahuan siswa mengenai kesehatan mental (p value=0.001). Peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa setelah mengikuti program edukasi kesehatan menyoroti keefektifan intervensi tersebut. Implikasi praktis dan arah penelitian mendatang juga dibahas untuk meningkatkan dampak positif pada kesehatan mental siswa secara keseluruhan. Kata Kunci: Edukasi, Kesehatan Mental, Siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MAHESA

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Nursing Public Health

Description

MAHESA : Malahayati Health Student Journal, dengan nomor ISSN 2746-198X (Cetak) dan ISSN 2746-3486 (Online) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh DIII Keperawatan Universitas Malahayati Lampung. MAHESA : Malahayati Health Student Journal merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada hasil ...