Masalah dalam penelitian ini berangkat dari analisis implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Katolik, Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mendalami terkait implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti pada tingkat Sekolah Dasar Katolik. Alat dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian diolah dan dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Temuan dalam penelitian ini adalah para guru Pendidikan Agama Katolik memahami indikator nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan kepada peserta didik, dan diimplementasikan dalam materi pelajaran maupun diluar mata pelajaran tersebut. Terlihat para guru Pendidikan Agama Katolik berupaya semaksimal mungkin untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik sejak dini sebagai pengetahuan dalam bersikap, bertindak dan berperilaku baik dan moral yang baik pula sebagai masa depan bangsa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023