Madaniya
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pengembangan Kapasitas Guru dalam Pembelajaran Numerasi melalui Edutainment Training Program di Pos PAUD Cahaya Nusa Kecamatan Ngaliyan

Elok Fariha Sari (Universitas Negeri Semarang)
Nursiwi Nugraheni (Universitas Negeri Semarang)
Nugraheti Sismulyasih (Universitas Negeri Semarang)
Moh Farizqo Irvan (Universitas Negeri Semarang)
Fighto Almagofi (Universitas Negeri Semarang)
Adiesti Peppy Ramadhani (Universitas Negeri Semarang)
Wara Rina Wahyuni (TK Raudlatul Jannah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Kegiatan bermain sambil belajar merupakan kegiatan yang paling menyenangkan untuk anak-anak. Guru PAUD masih memiliki kendala dalam mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan untuk siswanya. Oleh karena itu, tujuan pengabdian ini adalah untuk mengembangkan kapasitas guru PAUD dalam pembelajaran numerasi melalui Edutainment Training Program di Pos PAUD Cahaya Nusa Kecamatan Ngaliyan. Edutainment Training Program merupakan pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva untuk memodifikasi, menciptakan dan mengembangkan media pembelajaran yang menarik, yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan guru PAUD Cahaya Nusa di Kecamatan Ngaliyan. Metode yang akan digunakan dalam pengabdian ini adalah ceramah dan diskusi dilanjutkan dengan praktek pendampingan pengembangan media pembelajaran numerasi yang mengangkat konsep media pembelajaran yang menyenangkan. Hasil pengabdian yang telah dilakukan yaitu meningkatnya kompetensi guru melalui Edutainment Training Program dan meningkatnya kemampuan para guru dalam mengembangkan media pembelajaran numerasi yang menyenangkan, yaitu dari 55,50% menjadi 91,50%. Berdasalkan hasil pengabdian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Edutainment Training Program ini dapat mengembangkan kapasitas guru dalam pembelajaran numerasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...