Jurnal Pendidikan Sang Surya
Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Sang Surya

IMPLEMENTASI MODEL ATIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Novita Sari (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR)
Muhammad Akhir (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR)
Ratnawati (UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi numerasi dengan penerapan model ATIK menggunakan media loose part pada siswa kelas I SDN 64 Buntu Ampang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 64 Buntu Ampang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 21 siswa pada tahun ajaran 2023/2024. Faktor yang diteliti adalah faktor proses dan faktor hasil belajar. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan dengan menerapkan model ATIK menggunakan media loose part. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. (2) Dalam siklus pertama, skor rata -rata untuk hasil pembelajaran siswa adalah 61,4, sedangkan dalam siklus kedua itu lebih tinggi, mencapai 88. Pada siklus pertama, ada 10 siswa atau 47,7% yang mencapai kelengkapan belajar, sementara di dalam siklus II terdapat 21 siswa atau 100% yang mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran literasi numerasi melalui model ATIK dengan menggunakan media loose part pada siswa kelas I SDN 64 Buntu Ampang Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang mengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpss

Publisher

Subject

Education

Description

1.Pengembangan dan penerapan kurikulum dalam proses pembelajaran; 2.Kegiatan dan proses dalam pembelajaran; 3.Evaluasi dan hasil pembelajaran; 4.Kebijakan, manajemen dan pembiayaan pendidikan; dan 5.Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses ...