Jambura Arena of Physical Education and Sports
Vol 2, No 2 (2023): Oktober

PENERAPAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE TERHADAP PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA

Ronaldi Saipi (Universitas Negeri Gorontalo)
Ruslan Ruslan (Universitas Negeri Gorontalo)
Ella H. Tumaloto (Universitas Negeri Gorontalo)
Haerul Ikhsan (Universitas Negeri Gorontalo)
Joni Taufik Hidayat (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2023

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mananggu dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan interpretasi, dan (4) analisis dan refleksi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada pembahasan sebelumnya, diperoleh simpulan bahwa: Pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mananggu. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada observasi awal dengan rata-rata 50,79 meningkat menjadi 70,23 pada siklus I dengan jumlah siswa 18 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80,04. Kata Kunci: Passing Dengan Kaki Bagian Dalam, Permainan Sepak Bola, Think-Pair-Share  ABSTRACT This research is conducted using the classroom action research method. The classroom action research on class VIII students of SMP Negeri 1 Mananggu is carried out in two cycles. Each cycle consisted of four stages; (1) planning, (2) implementation, (3) observation and interpretation, and (4) analysis and reflection. Based on the data analysis and the discussion, it is concluded that: The implementation of the think-pair-share type of the cooperative learning model can improve the learning outcomes of inside foot passing in football for class VIII students at SMP Negeri 1 Mananggu. Based on the results, a significant improvement was obtained from cycle I and II. In the initial observation, the learning outcome was obtained with an average of 50.79 and was increased to 70.23 in cycle I with a total of 18 students. Furthermore, In cycle II there was an increase in student learning outcomes by 80.04. Keywords: Inside Foot Passing, Football, Think-Pair-Share

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japes

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Arena of Physical Education and Sports JAPES is a peer reviewed journal published by Physical Education, Healt and Recreation program JAPES published two times a year in April and October This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely ...