Jambura Arena of Physical Education and Sports
Vol 2, No 1 (2023): April

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE EXPLICIT INTRUCTION

Ruslan Ruslan ([SINTA ID: 6707091] Universitas Negeri Gorontalo)
Ella H. Tumaloto (Universitas Negeri Gorontalo)
Asry Syam (Universitas Negeri Gorontalo)
Aditya Indrawansyah Buhang (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan teknik dasar passing bawah dalam permaianan Bolavoli dan untuk meningkatkan teknik dasar passing bawah dalam permaianan Bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga melalui metode Explicit Intruction. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas. Hasil belajar Passing Bawah dalam  Permainan  Bola  Voli  di  Kelas  VII    SMP  Negeri  1  Telaga  dapat ditingkatkan melalui penerapan metode Explicit Instruction dengan perolehan hasil tes kemampuan siswa dimana pada pelaksanaan kegiatan Pra Siklus diperoleh hasil dimana dari 31 orang siswa terdapat sebanyak 21 orang siswa atau 67.74% memperoleh nilai dibawah standar KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan kategori “Kurang”, 9 orang siswa atau 29.0% memperoleh kategori “Cukup”, dan 1 orang siswa atau 3,22% memperoleh kategori “Baik”, dengan perolehan nilai  rata-rata klasikal sebesar 52,90% sehingga dipandang perlu di terapkan metode  Explicit  Instruction  dalam  pembelajaran  dan  dilanjutkan  pada kegiatan Siklus I. Pelaksanaan  kegiatan  siklus  I  diperoleh  terdapat  11  orang  siswa  atau 35,49% memperoleh nilai dengan kategori “Cukup”, 18 orang siswa atau 58,1% memperoleh nilai dengan kategori “Baik”, dan 2 orang siswa atau 6,46% memperoleh kategori “Sangat Baik” dengan dengan perolehan nilai rata-rata klasikal sebesar 67,42%, namun belum dapat mencapai indikator kinerja yang ditetapkan sehingga kegiatan pembelajaran perlu dilanjutkan kesiklus II. Dan pada pelaksanaan siklus II diperoleh sebanyak 30 orang atau 96,8% sudah bisa melakukan latihan passing bawah permainan bola voli dan 1 orang atau 3,22% yang dinyatakan belum bisa melakukan latihan passing bawah permainan bola voli dengan perolehan nilai klasikal sebesar 86,13% dan telah memenuhi Indikator Kinerja yang ditentukan sebesar 85% sehingga dapat diartikan kegiatan pembelajaran tidak perlu dilanjutkan kesiklus III dan dinyatakan selesai.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japes

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jambura Arena of Physical Education and Sports JAPES is a peer reviewed journal published by Physical Education, Healt and Recreation program JAPES published two times a year in April and October This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely ...