Penerapan E-Government merupakan sebuah tindakan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi informasi secara elektronis Wide Area Network, internet mobile computing dalam ruang lingkup penyelenggaraan pemerintahan yang ta terbatas tempat dan waktu dengan tujuan untuk mengoptimalisasikan proses pelayanan public yang efektif dan efisien. Dukungan e-government dalam pelayanan pada masyarakat di Kecamatan Gondang ini menggunakan 3 elemen sukses yaitu, elemen support (dukungan), elemen capacity (Kemampuan) dan elemen value (Manfaat) serta mendeskripsikan Kendala yang menjadi penghambat penerapan e-government. Penulis melakukan penelitian di Kecamatan Gondang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan e-government dalam pelayanan pada masyarakat di Kantor Kecamatan Gondang. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu, Camat Kecamatan Gondang, Sekretaris Camat Kecamatan Gondang, Staff Bidang Pelayanan Umum Kecamatan Gondang serta Masyarakat yang pernah mengurus pelayanan publik seperti pelayanan administrasi. Sumber data diperoleh dari data primer dengan metode wawancara dan pengamatan secara langsung serta data sekunder yaitu bersumber dari buku, arsip, majalah, website resmi serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara serta Ddokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan e-government di Kecamatan gondang telah diterapkan e-government namun masih memiliki kekurangan sehingga belum bisa dikatakan sempurna dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, alhasil kecamatan gondang telah melaksanakan langkah untuk mengatasi masalah yang saat ini dihadapi supaya pelayanan kepada masyarakat yang berbasis e-government seutuhnya dapat melayani masyarakat yang hendak mengakses layanan tersebut.
Copyrights © 2024