PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 1 No. 2 (2023): Volume 1 Nomer 2 (2023)

Optimalisasi Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Komputer dan Jaringan

Mohamad Fahmi Reza (Institut Pendidikan dan Bahasa)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini menilai efektivitas Augmented Reality (AR) sebagai alat pembelajaran dalam mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menggunakan kerangka kerja PRISMA, yang bertujuan untuk menghimpun dan menganalisis literatur yang relevan. Berdasarkan tinjauan yang dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan AR dalam pembelajaran ini memberikan dampak positif terhadap motivasi, pemahaman, dan minat belajar siswa. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa AR merupakan alat pembelajaran interaktif yang efektif, memberikan pengalaman edukatif yang lebih menarik, dan memfasilitasi pemahaman materi dengan lebih efisien. Studi ini menyarankan untuk pengembangan lebih lanjut dalam pemanfaatan AR sebagai alat pendidikan yang efektif, serta mendorong penelitian eksperimental lebih lanjut dalam menerapkan teknologi ini dalam konteks pendidikan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan: Memuat tentang hasil penerbitan atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan praktisi ...