Komunikasi adalah elemen penting, yang digunakan untuk membangun hubungan yang baik antar individu. Keefektifan komunikasi sangat dipengaruhi oleh kemampuan seseorang dalam mengirim dan menerima pesan. Masalah yang sering muncul disebabkan oleh kurangnya keterampilan mendengarkan dalam komunikasi. Keterampilan mendengarkan seharusnya melengkapi keterampilan bertanya dalam komunikasi yang efektif. Tanpa kemampuan mendengarkan, komunikasi tidak akan berjalan dengan sempura. Kemampuan mendengarkan secara aktif berarti memahami informasi dan sikap pembicara secara objektif. Ketika individu mampu menciptakan keyakinan diri yang positif, hal itu akan mempengaruhi aspek-aspek lain dalam kehidupannya. Salah satu aspek yang sering dikaitkan dengan keyakinan diri adalah self-efficacy. Tujuan penelitian keterampilan mendengar adalah untuk mengetahui kemampuan mendengarkan dan self-efficacy pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui jurnal dan analisis statistik, serta hasilnya disajikan dalam bentuk statistik atau grafik. Data dikumpulkan berdasarkan artikel terkait self-efficacy dan penyesuaian diri, menggunakan teknik studi literatur.
Copyrights © 2024