JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Desain Masa Depan Pendidikan Islam Indonesia (Kajian Analisis Pendekatan Sosiologi Antropologi)

Rokhmatul Hikmat* (Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negri Syekh Nurjati, Cirebon, Indonesia)
Didin N Rosidin (Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negri Syekh Nurjati)
Kustoro Kustoro (Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negri Syekh Nurjati)
Cecep Sumarna (Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negri Syekh Nurjati, Cirebon)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2023

Abstract

Ketika umat Islam di Indonesia masih memuncaki pemeluk agama dengan mencatatkan 87%, namun persoalan bangsa masih banyak membelenggu yaitu masalah akhlaq, kemiskinan, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan tingkat korupsi yang tinggi, maka menjadi bahan pertanyaan dimanakah kontribusi pendidikan Islam. Apakah pendidikan Islam layak disebut buntu dan tidak memiliki masa depan yang bisa diandalkan untuk menyelesaikan persoalan bangsa. Menggunakan metode library reseach penulis ingin mendalami desain apa yang terbaik untuk masa depan pendidikan Islam di Indonesia, yang sekiranya mampu menjawab persoalan bangsa. Dan hasilnya adalah mengangkat teori-teori pendidikan Islam yang dikemukakan oleh ormas Islam Muhammadiyah, yang terangkum dalam Islam Berkemajuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...