JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Pengaruh Berkesadaran Penuh (Mindfulness) terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru

Chowmas*, Dharmaji (Unknown)
Sonika, Sonika (Unknown)
Jelita, Rida (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh mindfulness  terhadap prestasi belajar mahasiswa. Pengambilan sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru yang terdiri dari 3 angkatan yaitu angkatan 2019, 2020, dan 2021. Instrumen pengumpulan data berupa angket tertutup, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dan dianalisis dengan uji korelasi Pearson dan analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa semakin tinggi kesadaran (mindfulness) maka semakin tinggi pula prestasi belajar mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dapat ditingkatkan melalui peningkatan mindfulness.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...