Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Dunia Pendidikan

Pengaruh Model Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Aktivitas Berlari Di SD Negeri 066650 Medan

Heka Mayasari br Sembiring (UUniversitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara)
Reflina Sinaga (Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini dalah metode deskriptif menggunakan analisis koefisien korelasi sederhana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis analisis korelasi dikarenakan ada hubungan sebab akibat antara dua variabel. Penelitian ini ada dua macam variabel, yaitu variabel bebas (independent) dan variabel terikat (dependent), Desain penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain korelasional, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan yang berjumlah 30 siswa yaitu seluruh anggota populasi total. Hasil perhitungan pengaruh model pendekatan bermain terhadap aktifitas berlari ditunjukkan dengan korelasi 0,970. Berdasarkan tabel interpretasi nilai r, korelasi r_xy0,970 terletak pada rentang nilai 0,80 – 1,000. Maka dapat di simpulkan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika memiliki pengaruh yang sangat kuat. Perhitungan secara manual dapat diketahui bahwa nilai t_(hitung )21,209 dan t_(tabel )sebesar 1.69. Jika itu di konsultasikan dengan nilai t_(hitung )pada derajat kebebasan (df)= 30 sebesar 1.69 sehingga t_(hitung )21,209 ≥t_(tabel )1.69, sehingga t_(hitung )≥t_(tabel ). Maka Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara model pendekatan bermain (X) terhadap aktifitas berlari siswa (Y) maka hipotesis diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...