Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 4 No 3 (2024): Jurnal Dunia Pendidikan

Efektifitas Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Penggunaan Aplikasi SPSS Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistik Mahasiswa FIK UNM

Muhammad Akbar Syafruddin (Universitas Negeri Makassar)
Agus Sutriawan (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Ivan Miftahul Aziz (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis video tutorial penggunaan aplikasi SPSS terhadap hasil belajar mata kuliah statistik mahasiswa FIK UNM. Jenis penelitian menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan Pre Test and Post Test Design. Populasi adalah seluruh mahasiswa Prodi PJKR FIK UNM yang memprogram mata kuliah statistik semester ganjil tahun ajaran 2023-2024 dan teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling, sampel yang diambil berjumlah 42 mahasiswa yang terdiri dari 1 kelas. Data di ambil dan dikumpulkan dari tes akhir sesudah diterapkan pembelajaran berbasis video tutorial penggunaan aplikasi SPSS. Dari penelitian ini diperoleh hasil posttest mahasiswa memperoleh skor ratar-rata 83,93 dan hasil pretest memperoleh rata-rata 66,43. Dari data tersebut dilakukan uji normalitas sehingga data berdistribusi normal. Hasil analisis data untuk uji hipotesis yang dilakukan dengan uji paired sample t testdiperoleh nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis video tutorial penggunaan aplikasi SPSS dapat meningkatkan hasil belajar mata kuliah statistik mahasiswa FIK UNM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...