Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2024 (1)

Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning pada Peserta Didik Slow Learner Kelas V Di SD 1 Sadang

Safitri, Dinar (Unknown)
Anjelifa, Shollu Maulida (Unknown)
Ruby, Arcivid Chorynia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Bidang pendidikan saat ini harus berkembang untuk menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman dan memastikan relevansinya. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama, sehingga sangat penting bagi para pendidik profesional untuk memahami dan merumuskan masalah belajar dengan jelas agar bisa menanganinya secara lebih efektif dan efisien. Banyak anak yang lambat belajar mengalami kesulitan dalam membaca dan berhitung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naratif. Dalam penelitian kualitatif, peneliti melakukan studi secara objektif terhadap kenyataan subjektif yang diteliti. Fokus utama dalam penelitian kualitatif adalah validitas data, yaitu memastikan bahwa data yang dicatat sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan kelas V SD 1 Sadang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dalam pembelajaran berbasis proyek, siswa belajar dengan melakukan proyek-proyek dunia nyata yang relevan. Anak yang lamban belajar mempunyai kemampuan kognitif di bawah rata-rata namun tidak dapat disebut disabilitas. Namun anak yang belajar lambat memerlukan waktu yang lebih lama untuk memperoleh kemampuannya, dan akan lebih bermanfaat jika kegiatan belajar dilakukan secara tepat sasaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...