Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 2, No 7 (2024): Madani, Vol 2. No. 7, 2024

Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya dengan Merdeka Belajar

Bunda, Thessia Permata (Unknown)
Nirwana, Herman (Unknown)
Sukma, Dina (Unknown)
Firmansyah, Rahmad (Unknown)
Maulana, Pu’ad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Di era digital ini, dunia pendidikan di Indonesia menghadapi banyak tantangan dan peluang. Salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah Program Merdeka Belajar yang digagas oleh Kemendikbud. Program ini memiliki visi yang sama dengan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara, yang menekankan kemerdekaan belajar, menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran dan menghargai kreativitas dan inovasi. Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Mereka Belajar saling melengkapi dan memperkuat upaya untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih baik dan bermakna bagi seluruh siswa di Indonesia. Implementasi kedia konsep ini secara konsisten diharapkan dapat menghasilkangenerasi muda yang cerdas, berbudi lujur da mampu berkontribusi bagi bangsa. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber bacaan yang relevan mengenai topik yang dibahas.

Copyrights © 2024