Abstrak Penelitian ini menggali lebih dalam informasi tentang dampak game online terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tapa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, dampak game online terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tapa dengan menggunakan 2 indikator yaitu intensitas dan ketergantungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian 34 siswa kelas XI didukung dengan data dokumen yang ada. Teknik yang digunakan dalampenelitian ini adalah teknik observasi, kuisioner, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tapa memperoleh presentase yang tinggi terhadap dampak game online terhadap motivasi belajar mereka, yakni pada indikator intensitas memperoleh presentase 85,7% dan indikator ketergantungan memperoleh presentase 84,5%.. Kata Kunci : Dampak Game online, Motivasi Belajar, Intensitas, Ketergantungan. Abstract Mohammad Fachdan Darise. 2023. Description of the Impact of Online Games on the Learning Motivation of XI Grade Students at SMA Negeri 1 Tapa, Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis, Departement of Guidance and Counselling, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Dra. Rena Madina, M.Pd, and The Co-Supervisor is Moh. Rizki Djibran. S.Pd., M.Pd. This research delves deeper into information regarding the impact of online games on the learning motivation of XI grade students at SMA Negeri 1 Tapa. This research aims to determine the impact of online games on the learning motivation of XI grade students at SMA Negeri 1 Tapa, using two indicators: intensity and dependence. The research employs a quantitative descriptive method. This research 34 students of XI grade, supported by existing document data. The data are collected through observation, questionnaires, and document studies. The results indicate that XI grade students at SMA Negeri 1 Tapa are influenced by the impact of online games, affecting their learning motivation at a high percentage. This is proven by the intensity indicator, 85,7% and the dependence indicator, 84,5%. Keywords: Impact of Online Games, Learning Motivation, Intensity, Dependence.
Copyrights © 2024