Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum optimalnya literasi matematika, kemampuan menyelesaikan soal HOTS, dan kecakapan verbal mahasiswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan literasi matematis dalam kaitannya dengan penyelesaian soal HOTS berdasarkan kecakapan verbal. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa, dan objek penelitiannya kecakapan verbal. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskripstif kualitatif dengan teknik pengumpulan data memakai soal HOTS, angket dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh mahasiswa dengan kemampuan literasi matematis dalam menyelesaikan soal HOTS dengan kecakapan verbal tinggi dapat memenuhi semua indikator yaitu menerapkan, merumuskan, dan menafsirkan. Tingkat sedang, memenuhi indikator menerapkan dan tingkat rendah, semua indikator belum dipenuhi dengan benar. Dengan demikian, dapat disimpulkan mahasiswa dengan kecakapan verbal tinggi dengan kemampuan literasi matematis dalam kaitannya, menyelesaikan soal HOTS lebih tinggi dari mahasiswa yang memiliki kecakapan verbal sedang atau rendah Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, HOTS, Kecakapan Verbal
Copyrights © 2024