Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 9 No. 2 (2024): Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mapel Ekonomi Kelas X di SMAN 2 Sijunjung

Juli Supriyanti (Program Studi Agribisnis, Depertemen Agroindustri, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Padang)
Vivi Hendrita (Program Studi Agribisnis, Depertemen Agroindustri, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Padang)
Andi Alatas (Program Studi Agribisnis, Depertemen Agroindustri, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Padang)
Fildza Arief Syuhada (Program Studi Agribisnis, Depertemen Agroindustri, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi hasil belajarĀ  mata pelajaran ekonomi dibandingkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional kelas X di SMAN 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas penelitian yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jumlah sampel penelitian dari kedua kelas adalah 66 orang siswa. Teknik pengumpulan untuk hasil belajar berupa tes dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan diakhir pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan uji persyaratan analisis data dan hipotesis dengan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa yang diajarkan denganĀ  model pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas X SMAN 2 Sijunjung. hasil uji menunjukkan bahwa nilai thitung 5,453 dan nilai probabilitas 0,000. Sehingga nilai probabilitas 0,000<0,05 maka H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning secara signifikan lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada taraf signifikansi 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The publication of Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi indeed participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains eight articles ...