Proceedings Series of Educational Studies
2023: Seminar Nasional Teknologi Pendidikan

Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Mahasiswa di Era Kurikulum Merdeka Belajar

Mela Amelia Santika (Unknown)
Fadriati Fadriati (Unknown)
David David (Unknown)
T Idris (Unknown)
Adam Mudinillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana pemahaman mahasiswa menggunakankurikulum merdeka belajar di dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dankemandirian dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif,yaitu dengan merumuskan pernyataan-pernyataan yang berhubungan dengan peran pendidikanagama Islam dalam meningkatkan kreativitas dan kemandirian siswa di sekolah. Kemudiandiformulasikan ke dalam google form yang dibagikan kepada seluruh mahasiswa yang berada diUIN Mahmud Yunus Batusangkar. Setelah terkumpul lalu data-data yang diperoleh diolah denganmenggunakan aplikasi SPSS. Kebenaran data dapat dibuktikan keakuratannya dengan pernyataanyang dibuatkan pada google form, sesuai dengan fakta-fakta yang terjadi pada mahasiswa. Hasil,Berdasarkan pengamatan yang efektif dilakukan peneliti, ditemukan bahwa peran pendidikanagama Islam sangat penting pada era kurikulum merdeka saat ini. Dengan adanya PendidikanAgama Islam dapat membekali mahasiswa untuk merealisasikan segala bentuk tuntutan kehidupanyang berubah-ubah sesuai dengan tuntutan zaman yang semakin berkembang kedepannya/kedepannya. Kesimpulan Jadi, melalui pemahaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam mahasiswadapat menggembangkan setiap ide-ide baru serta belajar dengan mandiri. Memberikan landasanmoral yang kuat untuk membentuk karakter mahasiswa yang tangguh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...